Selasa, 24 November 2015

Kronolgi ledakan Bom dan penembakan di Paris, Perancis


       Tragedi penembakan dan ledakan terjadi di Paris, Prancis, Jumat malam, 13 November 2015, waktu setempat. Dilaporkan, ratusan orang tewas dalam insiden yang terjadi di dekat pusat kesenian Bataclan.Lokasi kejadian tepatnya di Stadium State de France, Gedung Konser Bataclan, Rue Bichat, Av. de la Republique, Bd. Voltaire, Rue Charonne, Bld Beaumarchais
Para petugas medis membawa korban penembakan di Paris, Prancis.Berikut kronologi insiden tersebut, seperti dikutip dari laman Telegraph, Sabtu 14 November 2015.

21:09Seorang pria tak dikenal melakukan tembakan di sebuah restoran dan menyebabkan sejumlah oang tewas dan luka-luka. Diketahui pelaku menggunakan senapan Kalashbikov. Polisi mulai melakukan penjagaan.

21:42Polisi gabungan melaporkan korban tewas sebanyak 20 orang, tetapi tidak diketahui apakah serangan masih berlanjut atau tidak. Ada dua ledakan bom bunuh diri di luar stadium utama State de France, di mana tim sepakbola Prancis sedang bertanding melawan tim Jerman, beberapa orang ditemukan tewas.

21:48Saksi mata mengatakan, orang-orang bersenjata menyandera belasan orang di gedung konser Bataclan (serangan tembakan kedua). Gedung konser berdekatan dengan kantor Charlie Hebdo, yang dulu pernah diserang oleh kelompok militan.

22.29Seorang pria bersenjata berteriak, “Ini untuk Suriah, Allahu akbar.”

23:02Presiden Hollande mengumumkan melalui televisi dan radio bahwa keadaan darurat untuk Prancis akan segera dideklarasikan. “Prancis harus kuat melawan terorisme. Penyerang berada di Paris, ini mengkhawatirkan. Kami mengerahkan seluruh tenaga keamanan, pertemuan Kabinet akan dilakukan, militer sudah dikerahkan,” kata Presiden Hollande.

23:35“Tiga orang bersenjata dan mengenakan jaket antipeluru mulai melakukan penembakan di tengah-tengah konser di gedung Bataclan. Ada sekitar 1.000 orang di sana, saya melihat seorang gadis tertembak tepat di depan saya,” kata seorang saksi yang berhasil melarikan diri.

23:55Dua pelaku dilaporkan tewas oleh perlawanan polisi gabungan di Bataclan.

00:35140 korban dinyatakan tewas. Lebih dari 100 korban tewas atas penembakan di Bataclan dan 40 lainnya di lokasi berbeda di sekitar Prancis. Tiga pelaku berhasil ditembak oleh polisi di lokasi kejadian. (ARN/MM)



Sumber: Viva

8 komentar:

  1. Saya turut berduka atas kejadian di paris tersebut, dan saya mengecam para tersangkanya !!

    BalasHapus
  2. saya tidak menyangka kasus semacam ini terjadi di penjuru dunia, saya sesama muslim hanya bisa mendoakan merekan semua yang menjadi korban semoga diberi ketabahan

    BalasHapus
  3. Sungguh tragis ya kak apa yang telah terjadi di paris semoga saja semua akan berjalan dengan baik kedepannya dan tidak ada lah kejadian seperti ini

    BalasHapus
  4. Teror bom ini seperti balas dendam "atas nama suriah", semoga kelompok2 teror ini sadar bahwa tdk ada gunanya mereka membunuh saudara mereka sendiri

    BalasHapus
  5. Astagfirullah, seharusnya kita tdk boleh balas dendam dan membunuh saudara sendiri

    BalasHapus
  6. Kita semua ini saudara. Kenapa jaman sekarang masih saja ada aksi balas dendam apa lagi dengan alasan agama

    BalasHapus