Senin, 07 Desember 2015

Menjaga kebersihan tempat Ibadah

Kita pasti pernah mendengar sebuah ungkapan Hadits berikut: “an-nazhaafatu minal iimaan”yang artinya adalah “Kebersihan sebagian dari Iman” (HR. Muslim).Hadits ini sangatlah tepat untuk menggambarkan bahwa kebersihan dalam Islam itu sangat penting.


Menjaga kebersihan masjid adalah pekerjaan mulia yang diperintahkan oleh Rosululloh shollallohu alaihi wasallam :عن عائشة رضى الله عنها قالت أمَرَ رسول الله صلى الله عليه وسلم بِبِنَاءِ الْمَسَاجِدِ فِى الدُّوْرِ وَأَنْ تُنَظَّفَ وَتُطَيَّبَ رواه أحمدDari Aisyah rodliyallohu anha berkata : rosululloh shollallohu alaihi wasallam memerintahkan agar dibangun masjid di setiap kampung lalu diberi wewangian dan dibersihkan dari kotoran [HR. Ahmad]Menjaga kebersihan masjid adalah pekerjaan agung hingga rosululloh shollallohu alaihi wasallam pernah melihat besarnya pahala siapa yang menjaga kebersihan masjid.

عن أنس رضى الله عليه قال رسول الله صلى الله عليه وسلم عُرِضَتْ عَلَيَّ أجُوْرَ أمَّتِى حَتَّى الْقَذَاةَ يُخْرِجُهَا الرَّجُلُ مِنَ الْمَسْجِدِDari Anas rodliyallohu anhu bersabda rosululloh shollallohu alaihi wasallam : telah ditampakkan kepadaku pahala yang Alloh berikan kepada umatku hingga sampah yang dikeluarkan oleh seseorang dari masjid [HR. Abu Daud dan Tirmidzi]

Selain Hadits di atas, ada beberapa ayat Al-Qur’an dan juga Hadits Nabi yang menyebutkan bahwa Allah itu mencintai kebersihan antara lain :“Dan sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bersih”. (Q.S. At-Taubah [9]: 108)“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang bersih”. (Q.S. Al-Baqarah [2]: 222)“Sesungguhnya Islam itu bersih, hendaklah kamu mewujudkan kebersihan karena sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang yang bersih”. (H.R. Khatib)“Sesungguhnya Allah Ta’ala adalah baik dan mencintai kebaikan, bersih dan mencintai kebersihan, mulia dan mencintai kemuliaan, dermawan dan mencintai kedermawanan. Maka bersihkanlah halaman rumahmu dan janganlah kamu menyerupai orang Yahudi”. (HR. Tirmidzi)[1]

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Allah dan Rasul-Nya memerintahkan dan mengamanahkan kepada kita untuk mencintai dan menjaga kebersihan dalam segala aspek kehidupan di dunia ini. Bukan hanya kebersihan diri yang kita jaga tapi juga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita sehingga kita menerapkannya secara kaffah (menyeluruh) sesuai perintah Allah SWT dalam Al-Qur’an, “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara keseluruhan dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 208).

Kalau kebersihan merupakan perintah dari Tuhan dan Rasul-Nya, sudah seharusnyalah kita bersungguh-sungguh melaksanakan atau menerapkan kebersihan itu dalam kehidupan kita sebagai wujud dari rasa cinta kita kepada Allah dan Rasul-Nya. Sebagaimana disinggung dalam Al-Qur’an, “Katakanlah, ‘Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu’.
Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”. (Q.S. Ali Imran [3]: 31). Karena mencintai Allah dan Rasul-Nya itu tidak ada jalan kecuali dengan cara percaya kepada-Nya serta menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Itulah yang dinamakan beriman dan bertaqwa.


8 komentar:

  1. Cukup besar loh kak masjidnya, terus berbuat kebaikan ya dengan kelompoknya :)

    BalasHapus
  2. Menjaga kebersihan tidak harus di tempat ibadah yang se-agama saja, bisa di lakukan di beda agam misalnya seperti di gereja, vihara dan sebagainya:)

    BalasHapus
  3. Menjaga kebersihan tidak harus di tempat ibadah yang se-agama saja, bisa di lakukan di beda agama misalnya seperti di gereja, vihara dan sebagainya:)

    BalasHapus
  4. Terkadang orang2 setelah ke tempat ibadah menaruh sampah seperti bungkus makanan,permen,aqua dsb. Mereka berfikir tidak masalah karena sudah ada yang akan membersihkan, padahal jika terus2an seperti itu akan menambah beban yang membersihakan juga

    BalasHapus
  5. Salut deh sama kakak dan timnya yang sudah berniat membersihakan masjid:)

    BalasHapus
  6. Salut deh sama kakak dan timnya yang sudah berniat membersihakan masjid:)

    BalasHapus
  7. Jangan menggampangkan seseorang yang bekerja membersihkan tempat ibadah, kita harus sadar diri untuk membuang sampah pada tempatnya

    BalasHapus
  8. Walaupun pekerjaannya hanya membersihkan masjid,tetapi itu adalah pekerjaan yg mulia:)

    BalasHapus